SOSIALISASI PENILAIAN MATURITAS SPIP DI LINGKUNGAN BMKG

SOSIALISASI PENILAIAN MATURITAS SPIP DI LINGKUNGAN BMKG

(Jakarta, 17/11/2016). Seiring Sosialisasi terkait IACM. Inspektorat BMKG juga melaksanakan Sosialisasi Penilaian Maturitas SPIP di Lingkungan BMKG.

Berdasarkan PP.60 Tahun 2008 tentang SPIP, Pemerintah Wajib menyelenggarakan SPIP secara menyeluruh mulai dari konsep, pedoman, implementasi sampai dengan pengukuran keberhasilan penyelenggaraan   SPIP. SPIP adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara    terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien,    keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sebagai alat ukur penyelenggaraan SPIP maka diperlukan tools berupa penilaian maturitas SPIP. Tujuan Penilaian Maturitas ini adalah menyediakan media pengukuran kematangan penyelenggaraan SPIP dalam mendukung peningkatan kinerja, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dan bagi auditor dalam melakukan pemeriksaan keuangan negara. Dan  bagi BPKP sebagai masukan dalam rangka pembinaan JFA.

Tahapan penilaian dimulai dari tahapan Persiapan dimana adanya SKPD, Tim Assesor, Tim Satgas SPIP, persiapan action plan dan presentasiawal (entry meeting). Tahapan Pelaksanaan Pengisian kuesioner dg cara panel, validasi kuesioner, pemberian skor awal maturitas, pengujian bukti maturitas, , penyimpulan tingkat maturitas. Tahapan pelaporan dimulai dengan pada tahun 2016 penilaian Maturitas SPIP akan didahului di lingkungan Inspektorat BMKG sebagai piloting penilaian dan akan dilanjutkan penilaian Maturitas tingkay Lembaga pada tahun 2017.

Leave a Reply