SOSIALISASI INTERNAL AUDIT CAPABILITY MODEL (IACM)

(Jakarta, 8/11/2016). Penilaian mutu atau kapabilitas APIP atau dapat disebut Internal Audit Capability Model (IACM) IACM didasarkan atas The Institute of Internal Auditors (IIA). IACM merupakan salah satu alat yang dipakai untuk mengukur efektivitas peran unit audit intern di sektor publik. IACM ini telah digunakan di 86 negara.
Berdasarkan hasil penilaian tingkat kapabilitas pada 474 APIP Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah daerah per 31 Desember 2014, sebanyak 404 APIP atau 85,23% berada pada Level-1, 69 APIP atau 14,56% Level-2, dan baru 1 APIP atau 0,21% yang berada pada Level-3.
Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo di dalam RPJMN 2015 – 2019 diharapkan seluruh APIP telah berada pada Level-3 pada tahun 2019. Program optimalisasi kapabilitas APIP dengan proses Self Assessment menggunakan metode IACM merupakan bentuk komitmen APIP dalam perwujudan profesionalisme kinerja pengawasan.
Untuk meningkatan kapasitas SDM dan Kapabilitas APIP, Inspektorat BMKG menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Self Assesment Kapabilitas APIP Dengan Metode Internal Audit Capability Model (IACM) bekerja sama dengan BPKP sebagai Evaluator Kapabilitas APIP bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung A, BMKG Pusat. Dalam acara tersebut bertindak sebagai pengarah kegiatan adalah Auditor Utama Bapak Drs. Kasabarno dan moderator oleh Auditor Madya Drs. Nur Himawan, M.Si, dengan Narasumber dari BPKP adalah Bapak Wahyu Sanjaya dan Bapak Prayogo. Peserta kegiatan tersebut adalah para Pejabat Fungsional Auditor dan Fungsional Umum di lingkungan Inspektorat.
Proses self assessment tersebut memiliki elemen penilaian sebagai berikut :
1. Peran dan Layanan APIP;
2. Pengelolaan SDM;
3. Praktik Profesional;
4. Akuntabilitas dan Manajemen Kinerja;
5. Budaya dan Hubungan Organisasi;
6. Struktur dan Tata Kelola.
sedangkan metode IACM memilik tingkatan level sebagai berikut :
1. Initial;
2. Infrastructure;
3. Integrated;
4. Managed;
5. Optimizing.

Leave a Reply