BIMTEK PROGRAM KERJA AUDIT DAN KERTAS KERJA AUDIT

Jakarta, (16/03/2017) Dalam mewujudkan Peningkatan IACM (Internal Audit Capability Model) APIP menyelenggarakan Kegiatan Bimtek Program Kerja Audit dan Kertas Kerja Audit yang diikuti oleh seluruh Pejabat Fungsional Auditor di lingkungan Inspektorat BMKG pada tanggal 16 Maret 2017. Dalam Kegiatan tersebut, Inspektur BMKG Darwahyuniati, S.H., M.H. berkesempatan hadir memberikan arahan dalam pembukaan acara. Sedangkan narasumber dari BPKP yaitu Bpk. Agihirawan dan Prayoga Utomo.

Program Kerja Audit (PKA) merupakan rancangan prosedur dan teknik audit yang disusun secara sistematis yang harus diikuti/dilaksanakan oleh auditor dalam kegiatan audit untuk mencapai tujuan audit. PKA disusun setelah auditor memperoleh pemahaman yang cukup tentang tujuan audit. PKA akan menjadi guidance bagi auditor.

Kertas kerja audit (KKA) adalah dokumen audit yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan audit yang harus berisi informasi yang cukup untuk memungkinkan auditor yang berpengalaman tetapi tidak mempunyai hubungan dengan audit tersebut dapat memastikan bahwa dokumen audit tersebut dapat menjadi bukti yang mendukung temuan, simpulan, dan rekomendasi auditor.

Leave a Reply