EVALUASI MATURITAS PENYELENGGARAAN SPIP DI LINGKUNGAN KANTOR PUSAT BMKG

Jakarta – Senin (30/10) Dalam rangka penilaian maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) BMKG sesuai dengan target yang ditetapkan pada RPJMN 2015-2019, Inspektorat BMKG menyelenggarakan kegiatan evaluasi penilaian dengan mengundang Tim Quality Assurance dari BPKP untuk memberikan pengarahan dalam pengisian kuesioner tersebut.

Kegiatan evaluasi ini turut dihadiri Sekretaris Utama Bapak Dr. Widada Sulistya, DEA., Dr. Nurdin, AK., MBA, CfrA. Selaku Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP, Pejabat Struktural dan Quality Assurance SPIP BPKP, para pejabat eselon I, II, III dan IV di lingkungan BMKG Pusat, serta para pegawai sebagai peserta responden kuesioner survei maturitas SPIP.

Kegiatan evaluasi diawali dengan sambutan Inspektur BMKG Darwahyuniati, SH. MH. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa sejak Tahun 2012 melalui Sestama bersama Inspektorat BMKG telah menyelenggarakan implementasi SPIP bagi para pejabat struktural eselon I, II, III dan IV serta seluruh pegawai di lingkungan BMKG Pusat dan daerah, dengan cara:

  1. Membuat Peraturan terkait penyelenggaraan SPIP;
  2. Sosialisasi yang sudah dilakukan kepada Satker di BMKG Pusat dan daerah sebanyak 133 Satker yang dilakukan melalui kegiatan rakornas, rakorwil, rekonsiliasi laporan keuangan, E- learning/ FGD yang difasilitasi Pusdiklat dan Workshop di Wilayah Propinsi (dengan mengumpulkan Satker), dengan norma hasil (dalam bentuk soft copy dan hard copy);
  3. Satker yang sudah dievaluasi Peta Resiko oleh APIP sejumlah 33 satker;
  4. Penilaian Maturitas SPIP BMKG Tahun 2016 sebagai Pilot Project yaitu Inspektorat BMKG, dengan memperoleh nilai tingkat maturitas “berkembang“ (skor 2,694);
  5. Tahun 2017 yang saat ini sedang dilakukan evaluasi maturitas penyelenggaraan SPIP di lingkungan BMKG, melalui pengisian kuesioner survei persepsi maturitas SPIP secara panel individu, yang selanjutnya hasil kuisioner akan dilakukan tabulasi, dengan mengambil sampling:
  1. Sekretariat Utama (40 responden);
  2. Kedeputian Bidang Meteorologi (40 responden);
  3. Kedeputian Bidang Klimatologi (40 responden);
  4. Kedeputian Bidang Geofisika (40 responden);
  5. Kedeputian Bidang InskalRekJarKom (40 responden);
  6. Inspektorat (40 responden);
  7. Puslitbang (40 responden); dan
  8. Pusdiklat (40 responden).

Diharapkan dengan kegiatan penyelenggaraan evaluasi maturitas SPIP di Lingkungan BMKG ini dapat meningkatkan level penilaian maturitas SPIP di BMKG menjadi level 3.

 

Leave a Reply